Selasa, 05 Juni 2012

Siapa Penemu Es Krim dan Keripik Kentang? ini dia

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Es krim dan keripik kentang mungkin jadi kebanyakan orang menyukainya. Bisa dibilang kedua makanan ini merupakan makanan sepanjang masa.

Tapi tak banyak yang tahu bagaimana sejarah ditemukannya kedua makanan ini? Ternyata kedua makanan ini tercipta secara tidak sengaja. Es krim tercipta dari bocah berusia 11 tahun dan keripik kentang dari seorang koki yang kesal karena ulah pelanggannya.

Baiklah dalam trit ini ane coba sampaikan informasi singkat penemuan secara tak sengaja kedua makanan ini.
 
Pada tahun 1905 di San Francisco seorang bocah 11 tahun yang bernama Frank Epperson iseng-iseng mencampurkan bubuk putih penyedap soda dengan air di beranda luar rumahnya. Tanpa ada maksud apa-apa keisengan Epperson tak lebih sekedar ekspresi bermain anak seusia itu. Merasa jenuh bermain, ia meninggalkan minuman tersebut begitu saja di sana bersama sebuah stik kecil yang digunakan untuk mengaduk dibiarkan menempel di dalamnya. Malam itu suhu mencapai rekor terendah dan keesokan pagi, bocah itu menemukan minuman telah membeku pada stik. Kejadian tersebut mengilhami idenya menciptakan 'es krim' rasa buah.

18 tahun kemudian tepat pada tahun 1923, Epperson memperkenalkan frozen pop pada stik kepada publik di Neptune Beach, sebuah taman hiburan di Alameda, California. Tak diduga promo tersebut sukses, sehingga pada tahun 1924 Epperson mempatenkan produk "kembang gula beku" yang ia disebut "es lolipop". Dia menamainya es krim diduga atas desakan anak-anaknya. "Es krim" sekarang merek dagang yang dimiliki oleh Unilever. Pada awalnya tersedia dalam tujuh rasa yang dipasarkan sebagai "minuman beku pada stik." Bentuknya yang unik, dengan dua bagian bergabung bersama-sama pada dua stik, sehingga kedua bagian dapat dibagi.

Pada tahun 1925, Epperson menjual hak paten es loli ke Perusahaan Lowe Joe di New York. Pada tahun 1989, Good Humor, anak perusahaan Unilever, membeli hak es loli. Pada bulan Juni 2006, Es lilin dengan "rasa natural dan warna" diperkenalkan, menggantikan versi asli. Selain itu, es loli tersedia dalam beberapa rasa gula-bebas.
Frank Epperson:

 
  
 
 KENTANG GORENG

Saat musim panas tahun 1853, penduduk asli Amerika George Crum bekerja sebagai koki di sebuah resort yang elegan di kota New York. Salah satu makanan dalam menu dari Moon Lake Lodge adalah kentang goreng. Salah satu pelanggan memutuskan untuk memesannya. Crum menyiapkan kentang goreng dalam versi standar yang berukuran tebal. Ketiak kentang goreng disajikan, pelanggan tersebut mendapati bahwa kentang goreng yang dimasak oleh Crum terlalu tebal dan dia memutuskan untuk menolak pesanan. Akibatnya, Crum dianggap telah mengecewakan pelanggan. Disinilah muncul ide Crum untuk menghasilkan kentang goreng dengan irisan yang sangat tipis dan renyah dan membubuhkan garam di atasnya. Walau tak dapat dimakan menggunakan garpu, namun rencana Crum justeru direspons positif. Pelanggan tersebut begitu senang dengan hasil eksperimen Crum itu. Dia menikmati kentang yang berbentuk kertas kecoklatan dan tipis. Hal tersebut memicu pelanggan lain memutuskan untuk memesan hal yang sama. Sejak saat itu, kentang tipis Crum menjadi populer.

Ada banyak peristwa penting dalam kehidupan George Crum dari hasil penemuannya tentang keripik kentang. Salah satunya di tahun 1860 ia memutuskan untuk membuka restoran sendiri. Dia memperkenalkan keripik kentang dalam keranjang yang ditaruh di setiap meja. Restoran tersebut begitu populer karena keripik kentang awalnya disajikan secara gratis. Selama beberapa tahun berikutnya, hal tersebut menginspirasi banyak orang memutuskan membuat bisnis kentang goring yang ditemukan penemuan Crum. Hingga banyak orang menyukai keripik kentang di seluruh negeri. Hampir semua bisnis telah berhasil sebagai akibat dari apresiasi umum publik terhadap keripik kentang. Pada 1932 produk keripik kentang bermerek Lay didirikan oleh Herman Lay dari Nashville, Tennessee. Sampai sekarang, Lay tetap menjadi salah satu keripik kentang paling populer di dunia. Namun sangat disayangkan Crum tak pernah berpikir untuk mempatenkan keripik kentang temuannya
 
 George Crum:

 

Ditulis Oleh : Fadudanse ~ Fakta Dunia Dan Sejarah

Fadudanse Fadudanse : Sobat sedang membaca artikel tentang Siapa Penemu Es Krim dan Keripik Kentang? ini dia. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya Oke!!!

:: FADUDANSE ! ::

Related Post:

1 komentar:

Fadudanse mengatakan...

bagus bloggnnya semoga makin sukses aja farizrizalsoft-2.blogspot.com

Posting Komentar

Thanks Telah Berkomentar ,, Jangan Lupa Datang Lagi Ya
dilarang bagi anonymous berkomentar anonymous berkomentar saya tidak membalaz komentar tersebut
kalai maudi balaz pakai user ID

 

slide to unlock